5.30.2012

bahan standp up comedy


*1. Bagaimana sich seorang comic menemukan ide comedinya?*

"Salah satu metode mencari materi adalah dengan kegelisahan. Karena
pada esensinya menulis ataupun mencari materi comedy sebenarnya berawal
dari sebuah kegelisahan".

Ada 3 buah layer untuk menemukan bahan comedy :

1. *Inner Self*//Kegelisahan didalam diri./ Contohnya : /Gue gelisah
karena Gue orangnya pemalu, jadi kalo ada sosial function Gue nggak bisa
ngomong? Gue gelisah karena Gue orangnya cemburuan? atau Gue gelisah,
karena setiap kali Gue nembak, cewek - cewek selalu nolak Gue?/

2. *Outer Self*//Kegelisahan diluar diri./ Contohnya : /Gue gelisah
karena badan Gue kurus? Gue gelisah karena muka Gue jelek? atau Gue
gelisah karena dimuka Gue penuh dengan jerawat?/

3. *The Word Within/*/Kegelisahan dikekehidupan sehari - hari/.
Conrohnya :/ Gue gelisah kenapa pas Gue naik mobil selalu ada Bajaj
nyelip didepan muka Gue. Dan kenapa kalo motor tabrakan pasti selalu
mobil yang disalahin? Atau Gue gelisah kenapa pas Gue kekampus selalu
ada polisi yang nilang Gue, dan kenapa setiap Polisi yang nilang Gue
selalu hilang ingatan?/

Kemudian, "*/Ketika kita mencari materi comedy, cobalah untuk
menghindari Emosi yang Positif"/*
Karena jika kita gelisah karena bangga atau senang, biasanya kita akan
sangat kesulitan mendapatkan materi comedy.

1. *Contoh Emosi Positif :* /Gue seneng nich sama Ayam bakar, jadi kalo
tiap kali makan ayam bakar Gue selalu seneng? (Terus emangnya kenapa
kalo loe seneng makan Ayam bakar? Emang ada urusan gitu sama Gue?)/

2. *Contoh Emosi Negatif : */Gue kesel sama Ayam bakar yang dibakar
kematengan? Karena kalo ayam bakar kematengan itu bikin Gue jadi nggak
nafsu makan. (Oh jadi kalo ayam bakar kematengan bikin nggak nafsu makan
yah?)/

Rumusnya,? Kalo kata si Larry David /"If You're Not Crangky Than If
You're Not Fanny"/ artinya *"Kalo elo nggak kesel, maka jadinya loe
nggak lucu"*. Jadi sebenarnya seorang comedian itu seasli - aslinya
adalah seorang yang penggerutu.

*2. Gimana kalo misalkan kita nggak menemukan rasa kesal, tapi kita
gelisah dengan hal yang kita gelisahkan?*/

"Sebenarnya kegelisahan itu nggak mesti disampaikan secara
/*Explicit/Secara jelas/Tersurat*/. Bisa juga dengan /*Implisit/Tersirat*"

*Contoh Explicit :* /Gue kesel sama orang PDKT yang nulis namanya dipasir./
*Contoh Implicit : */Kemaren Gue buka Facebook. Apaan sich tuch orang
yang nulis - nulis namanya dipasir?/

Cara untuk seorang Comic membuat */Explicit/* dan /*Implicit*/, yaitu
dengan menulis /*Explicit*/ dan /*Implicit*/ itu sendiri dikertas.
Contongnya : Kesal sama orang yang PDKT(/*Explicit*/)/Kenapa setiap kali
Gue buka Facebook, pasti ada ajah orang yang lagi PDKT? (/*Implicit*/)

3. Bagaimana sich urutan - urutan dalam menemukan sebuah Ide/Materi
Comedy?/*

/"Materi atau Ide sebenarnya bisa kita galih, temukan atau cari
dikehidupan kita sehari - hari. Seperti yang sudah dijelaskan diawal.
Melalui *Inner Self*, *Outer Self*, dan *The Worl Within*"/


Contoh :* "/Hari ini Gue nonton acara TV-nya Uya - Kuya. Diacara itu
Uya - Kuya sedang menghipnotis seorang cewek. Lalu nggak beberapa lama
si cewek itu, nggak tau kenapa, terus - menerus mebicarakan hal
pirbadinya? Haduuuh, ngapain sich tuch cewek pake acara dihipnotis
segala? kenapa sich harus ngeluarin unek - uneknya yang bersifat
pribadi? Itukan sama ajah memalukan diri sendiri?/


/Inti atau Beatnya adalah : Gue nggak suka nonton acara Uya - Kuya.
Karena orang yang dihipnotis Uya - kuya cuma dibikin malu. Itu sich
bukan acara hipnotis namanya? tapi acara tebar - tebar aib. Harusnya
nama acara itu diganti. Bukan Uya Emang Kuya, tapi Uya Emang Buka Aib"/


Proeses diatas, lagi - lagi melalui sebuah kegilisahan yang berasal dari
*/Inner Self/*, */Outer Self/*, dan */The World Within./*


/"Jadi ketika kita ingin mencari sebuah kelucuan, sebenarnya yang harus
kita lakukan adalah mencari kegelisahan, bukan mencari sebuah kelucuan"/

/"Pada intinya, materi Stand Up Comedy yang bersifat observaional adalah
materi yang kita lihat di ke kehidupan sehari - hari, yang terkadang
orang lain lupakan, dan kemudian kita buat perspektif  yang berbeda"/

0 cerita loe ?:

Posting Komentar

cerita agan-agan gimana sob .. ..??