2.02.2012

GONTOR [merindukan]

Di Gontor terdapat standarisasi dalam setiap kegiatan. Termasuk didalamnya terdapat standar guru, murid, sistem pembinaan santri, lembaga lembaga dll..
Standarisasi sebuah pesantren meliputi diantaranya :
Kyai, Santri, Sistem, kurikulum, Asrama, Kelas, Masjid, Pontren.
Sebuah pondok pesantren yang mandiri, satandarnya memiliki 300 santri dengan guru sejumlah 25 orang (10 kelas), setiap guru mengajar 20 jam perminggunya.
Guru Pondok Modern Gontor tidak hanya mengajar saja tetapi lebih dari itu harus bisa mendidik santri. Dalam mendidik jangan ada rasa dendam kepada anak didik, karena mengajar yang dilandasi dendam, maka  ilmu kita tidak masuk ke hati mereka.
Jangan pernah mengeluh ketika mengahadapi kesulitan. Manusia pengecut yang mundur karena ada sedikit kesulitan akan selalu gagal dalam didupnya. Diperlukan ”shock terapi” untu menyadarkannya.

 
 Dalam memenuhi kebutuhan, lihatlah kebutuhan, jangan lihat keinginan belaka.

Syiar kita: Maslahatu Ma’had Fauqa Kulli Mashalihu as-Syakhsi
Dengan adanya pondok–pondok alumni yang berdiri bisa menjadi partner dalam mengembangkan nilai dan sistem Gontor.
Pimpinan pondok pesantren haruslah bersikap ”open manajemen” dengan demikian akan tercipta saling mengerti, memahami, menjauhkan perpecahan. Disintegrasi dan persaingan muncul diantaranya karena ketidakadanya sikap keterbukaan.
Kebersamaan diantara guru mesti diagalakkan, ini bisa dilakukan dengan berbagai cara diantaranya dengan bermain olahraga badminton antar guru dan  kegiatan bersama lainnya.
Kesejahteraan guru tidak hanya meliputi materi saja tetapi termasuk juga ilmu, wawasan dll.
Gerakan kebersamaan di Gontor akan menimbulkan barokah.......taharraok fainna fil harakati barakatun.....................
 
inilah yang membangun dan mengkohkohkan gontor dari doeloe hingga sampai saat ini,gontor adalah perjalanan hidup sebuah ummat perjalanan hidup sebuah agama sebuah kepercayaan,yang memiliki proses kehdupan dan totalitasnya untuk menciptakan sebuah generasi ..

inilah yang selalu mengingatkan saya untuk selalu rindu dan kangen gontor ketika melihat consul,santri,gambar,foto,dan lagu-lagu gontor .. ..


0 cerita loe ?:

Posting Komentar

cerita agan-agan gimana sob .. ..??